AGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Akhmad Shunhaji

Abstract


Tulisan ini mendiskripisikan tentang substansi moral dan etika sosial dalam mata pelajaran agama di sekolah. Objek kajian dalam tulisan ini adalah telaah kritis terhadap terhadap buku pendidikan agama Islam (PAI) dan budi pekerti (BP). Sementara metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode studi pustaka (library research), yaitu melalui analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasinya sehingga akan mengarah pada hasil yang didapat. Tulisan ini memperlihatkan bahwa, jika materi Pendidikan Agama Islam bercorak Islam moderat, maka peserta didik dapat bersikap santun atau memiliki etika moral yang baik dan terbuka dalam menyikapi banyak pluralitas sosial. Disamping itu, peserta didik juga dapat memposisikan dirinya sebagai pribadi yang yang taat beragama dengan menjaga kemurnian akidah tetapi disaat yang sama dapat menghargai adat dan budaya lokal yang ada di lingkungan sekolah. Dengan mengejawantahkan Islam yang moderat, maka dapat dipastikan sikap spiritual peserta didik akan dapat semakin berkembang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.


Keywords


PAI, BP, Moderat, Spiritual, Etika Sosial

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Farid dan Hamidulloh Ibda, Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik, Semarang, Jawa Tengah: Pilar Nusantara, 2018.

Dewan Perwakilan Rakyat, Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989, Jakarta: Bp Tjipta Karya, 1989.

Dewan Perwakilan Rakyat, Undang–Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Permata Press, 2013.

Haligan dan Turner, Profile of Government Administration in Asia, Canberra: Australia Government Publishing Service, 1995.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Johnson, Sandra, a Clinical Handbook on Child Development Paediatrics, Sydney: Elsevier, 2012.

Maarif, Ahmad Syafi’i, Islam dan Politik: Teori Belah Bambu Masa Demokrasi Terpimpin 1959-1965, Jakarta: Gema Insani, 1996.

Majelis Permusyawaratan rakyat, Panduan Pemasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI, 2006.

Malla, Hamlan Andi Baso, “Kajian Sosio Historis Tentang Politik Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia”, Inspirasi, Nomor XIV Edisi Oktober 2011.

Mas’ud, Abdur Rahman dan A.Salim Ruhana, Kompilasi Kebijakan dan Peraturan Perundang-Undangan Kerukunan Umat beragama, Edisi ke-11, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2009.

Mastuhu, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21, Yogyakarta: SIP dan MSI UII, 2003.

Menteri Sekretaris Negara, Lembaran Negara: “Penetapan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1965” Tentang Pokok-Pokok Sistem Pendidikan Nasional Pancasila, dalam dapp.bappenas.go.id, diakses pada tanggal 14 Oktober 2019.

Mohtar, Imam, Problematikan Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2017.

Mumpuni, Atikah, Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013, Jakarta: Deepublish, 2018.

Palmer, Joy A. (ed), 50 Pemikir Pendidikan: dari Piaget sampai Masa Sekarang, diterjemahkan oleh Farid Assifa dari judul Fifty Modern Thinkers on Education, Yogyakarta: Jendela, 2003.

Prastowo, Andi Prastowo, Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: Kencana, 2019.

Rianawati, Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2014.

Roberts, Keith A., Religion in Sociological Perspective, Fifth Edition, USA: SAGE Publications, Inc, 2012.

Shunhaji, Akhmad, “Islamic Religion Education Implementation in Catholic School Blitar City, East Jawa and the Impact on Participants of Social Interaction, dalam journal iiste, vol 9 No 36, 2018, https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/45784

-------, Implementasi Pendidikan Agama di Sekolah Katolik Kota Blitar dan Dampaknya terhadap interaksi Sosial, Yogyakarta: Aynat Publishing, 2017.

Umar, Nasaruddin, Antara Negara dan Agama, dalam www.kemenag.go.id diakses pada tanggal 16 Oktober 2019.

Widiyanto, Nur, Revisi Kurikulum 2013, guru lebih dimudahkan, dalam www.kemdikbud.go.id diakses pada tanggal 14 Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Akhmad Shunhaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats